Senin, 05 Oktober 2009

MENCINTAI HINGGA TERLUKA
(memaafkan di lihat dari sisi cinta)

Terkadang muncul dalam pikiraan kita, mengapa mencintai seseorang terkadang begitu menyakitkan? jawabannya bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah seperti berikut:
  • karena dalam hidup manusia, pasti mengalami apa yang dinamakan sakit hati atau apaun itu.
  • karna tidak selamanya manusia hidup selalu bahagia, sama seperti orang yang mau suses butuh proses dan perjuangan.
  • karena cinta butuh di uji.

Tapi terkadang kita lupa bahwa arti cinta yang sebenarnya bukan hanya sebuah kata,atau kehendak tapi cinta adalah sebuah perwujudan kasih sayang yang tulus, bisa terhadap sesama manusia atau terhadap lawan jenis.seseorang yang sudah memutuskan mencintai seseorang berarti orang tersebut juga harus siap untuk sakit hati. karena cinta itu seperti coklat, kita akan merasakan dua rasa sekaligus yaitu pahit dan manis. namun pahit dan manis itu akan terasa nikmat kalau kita bisa menerima kekurangan nya. kasus sakit hati dalam cinta sudah tak asing lagi kita dengar, namun dari rasa sakit hati tersebut orang menjadi sulit untuk memaafkan, tapi pernahkah kita berfikir, semakin kita terluka berarti semakin dalam juga cinta yang kita miliki.

Namun rasa sakit hati itu terkadang membuat kita tidak biasa berfikir positif, kita menjadi lose control karena emosi yang tidak bisa di kendalikan, memaafkan adalah saat dimana hati kita mau berdamai dengan emosi dan kepahitan kita, memaafkan bukan hanya berbaikan kembali tetapi mau menjalin kembali hubungan yang rusak karna kepahitan kita. seseorang belum bisa dikatakan memaafkan apabila tidak mau bertegur sapa atau mendiamkannya. banyak alasan mengapa seseorang tidak mau memaafkan:
  1. karena kita belum mengenal tuhan dengan baik, karena tuhan selalu memaafkan semua kesalahan kita.jadi mengapa kita berkeras hati untuk tidak mau memaafkan? apajadinya kalau Tuhan memakai patokan yang sama seperti patokan kita dalam memaafkan seseorang.
  2. karena kita belum bisa mengendalikan emosi kita,saat emosi meluap kita menjadi sulit untuk berfikir jernih.
  3. karena diri kita sudah malas mendengar kata maaf yang tidak ada perbaikannya dan selalu di ulang.
Disaat seperti itu kita harus membuang jauh pikiran seperti itu karna saat kita sedang berpikiran negatif kita tida mungkin untuk memaafkan.dan belajarlah mengambil sisi positif dari suatu kejadian, karena pasti ada rencana Tuhan untuk kita di balik semua itu.terkadang kita berpikir memaafkan itu sangat sulit. namun kita juga harus ingat bahwa dengan cinta memaafkan akan lebih mudah bila dengan cinta, karena cinta selalu menemukan jalan keluar nya.
  1. mulailah dari diri kita untuk berdamai dengan semua kemarahan pada diri sendiri, maafkanlah orang tersebut walaupun orang tersebut belum meminta maaf atau belum menyadarinya.
  2. ikhlaslah untuk sesuatu yang baik
  3. doakan orang tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama.
  4. berbicaralah secara langsung dari hati ke hati kepada orang tersebut dengan penuh kerendahan hati.
  5. kita harus menyadari bahwa bila kita mau memaafkan pasti orang lain juga aakn melakukan yang sama ketika kita lah yang berbuat salah.
Sebenarnya bila kita mau memaafkan dengan tulus kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi, serangan jantung dan kanker.seseorang yang lebih memilih untuk tidak memaafkan akan lebih mudah terkena penyakit seperti hipertensi, serangan jantung dan kanker. karena emosi dapat menyebabkan tekanan darah naik.jika hubungan yang baik dengan orang lain terjaga maka hidup kita selalu merasa bahagia. hidup itu seperti kanvas, an berwarna seperti apa tergantung bagaimana kita mewarnainya dengan warna baghagia atau warna kepahitan dan warna kehidupan yang penuh cinta akan terpancar dari bagaimana ia bersikap, bukan masalah benar atau salah tapi respon.






2 komentar:

  1. Supaya Qta g sakit hati.... caranya gimana????

    BalasHapus
  2. supaya kita ga sakit hati lagi ya dengan selalu berfikir positif, segala sesuatu pasti ada hikmah yang dapat di ambil dan jadikan hal itu suatu pembelajaran agar tidak terulang lagi.

    BalasHapus