Jumat, 25 November 2011

PRO DAN KONTRA PERKEMBANGAN INTERNET

Perkembangan dunia teknologi pencari pada era modern sangat pesat terutama pada perkembangan dunia internet. Hampir di seluruh bidang seperti bidang pendidikan, industri, usaha, dan lain-lain menggunakan sarana internet untuk keperluan dalam bekerja. Salah satu sarana internet yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia adalah Search Engine atau mesin pencari informasi. Dengan teknologi pencari pengguna mendapatkan semua yang diinginkan, seperti berita, gambar, peta dan informasi lainnya. Kemudahan yang diperoleh dalam menggunakan teknologi pencari akan memberikan dampak positif maupun negatif bagi pengguna internet.

KELEBIHAN INTERNET

Pada era digital sekarang media internet sangat berpengaruh penting dalam kehidupan, karena dengan adanya internet pengguna dengan mudah mencari informasi yang sifatnya tidak terbatas yang area nya mencakup sistem global, sehingga memungkinkan pengguna dapat bertukar data, pesan, dokumen dalam hanya hitungan detik dengan situs-situs yang ada di dunia.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN INTERNET

Dampak positif yang dirasakan sebagai pengguna teknologi pencari yaitu dengan mudah mencari informasi dengan hanya memasukan kata kunci atau inti dari informasi yang dibutuhkan, dengan adanya layanan google seperti Google earth maka dapat membantu ahli geologi, maupun pengguna lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari, dapat mencari informasi dan sekaligus gambar dengan cepat serta menambah pengetahuan. Di samping itu selain ada dampak positif pasti ada dampak negatif yaitu jelas sekali dimana isi dalam teknologi pencari itu tidak dibatasi oleh usia, jenis kelamin yang terkadang dimanfaatkan orang untuk yang membuka situs pornografi yang tidak di saring yang akibatnya dapat di akses oleh semua orang, selain itu digunakan orang yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan penyusupan ke dalam arsip-arsip dunia maya yang sifatnya rahasia, serta membuat sebagian orang misalnya pelajar yang kurang ter-motivasi untuk lebih berfikir dalam mengerjakan tugasnya karena bagi pelajar hampir semua bahan dengan mudah dapat dicari dalam Teknologi pencari. Dampak dari teknologi pencari di era digital sekarang ini bahwa peran perpustakaan sebagai tempat untuk membaca dan mencari informasi sudah jarang digunakan oleh para pelajar karena sudah banyak media online yaitu teknologi pencari untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dapat dilihat dampak yang dirasakan dari teknologi pencari di mana pengguna harus lebih cerdas dalam memanfaatkan pencarian yang dibutuhkan, jangan menggunakan kekayaan informasi yang terdapat dalam teknologi pencari sebagai alat untuk sesuatu yang sifatnya negatif.

Daftar pustaka

Http.www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar