Senin, 21 Desember 2009

bagaimana cara mengajarkan sopan santun pada anak kecil?

Sopan santun adalah suatu peraturan yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok orang dalam suatu masyarakat. dan dianggap sebagai tuntutan dalam bergaul atau berinteraksi dengan orang lain.sopan santun sudah diajarkan sejak kecil, sopab dalam berbicara, bertingkah laku telah kita terima melalui didikan orang di sekitar kota saat kecil baik dari orang tua, kakek,nenek dan orang yang kita anggap lebih tua dari kita.

Memang tidak mudah mengajarkan sopan santun pada anak kecil apalgi anak kecil yang berfikir kritis, anak tersebut akan terus bertanya mengapa begini, mengapa begitu. terkadang kita pun sering bingung bagaimana menjelaskannya sehingga sering kali kita bilang "pokoknya pamali", namun sikap yang demikian kurang baik untuk anak kecil, karena pola fikir mereka terus berkembang jadi pertanyaan itu harus di jawab.

bagaimana caranya mengajarkan sopan santun pada anak kecil:
  • Berikan contoh lewat perilaku kita: anak kecil biasanya akan mencontoh perilaku dari orang tua untuk itulah kita pun wajib menjadi contoh yang baik bagi anak.
  • Jangan menggunakan kata-kata yang kasar atau kekerasan: anak kecil akan mencontoh perilaku, apabila kita menggunakan kata-kata kasar atau kekerasan dalam mengajarkan anak tentu akan berdampak buruk pada perilakunya terhadap teman sebaya apabila ada perselisihan.
  • ajarkan untuk menggunakan kata "tolong,maaf, dan terima kasih": mulai dari kecil ajarkan anak menggunakan kata-kata tersebut agar terbiasa saat melakukan sesuatu.
  • lakukan secara terus menerus: dengan begitu maka anak akan terbiasa juga dengan sopan santun dalam tindakan mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar