Jumat, 18 Desember 2009

Mama

Mama, saat nama itu di dengar langsung terlintas dalam pikiran kita tentang sosok yang kadang menjadi "musuh" namun kadang juga jadi "sahabat" untuk kita. Mama, walaupun terkadang menjadi musuh buat kita karena kebawelannya, "pelitnya",dan karena aturannya yang beliau terapkan pada kita. Namun beliau melakukan semua itu bukan tanpa alasan. Dan terkadang kita menjadikannya sahabat saat kita sedih dan butuh teman cerita.

Mama adalah sarjana ekonomi terbaik yang pernah ada, beliau yang mengatur semua pemasukan dan pengeluaran belanja rumah tangga, dan orang pertama yang akan binggung untuk mencukupi semuanya saat kondisi ekonomi tidak memungkinkan adalah mama. Namun kita tidak pernah sadari beban yang beliau tanggung untuk kita, bahkan terkadang kita lebih sering ikut-ikutan marah saat keinginan kita tidak terpenuhi. Namun beliau tidak pernah benar-benar marah sama kita karena beliau sayang sama kita. Dan tanpa kita sadari mama telah banyak mengajarkan kita berbagai hal seperti:

1. Keluarga itu yang utama: pernahkah kita perhatikan saat sedang makan bersama, mama selalu mengambil porsi terkecil atau sedikit. itu dikarenakan mama selalu mendahulukan kepentingan anggota keluarga yang lain agar dapat kebagian semua.
2. Penata letak terbaik: mama tahu persis dimana letak barang-barang seharusnya di letakan, beliau juga penyimpan terbaik,beliau akan ingat setiap detil letak barang yang akan kita pakai.
3. Pengingat terbaik: pernahkah kita sadari bawelnya kita di dapat dari mana? Mama. Namun terkadang kita suka sebel dengan kebawelannya. Tapi beliau bawel bukan tanpa alasan, beliau bawel untuk kebaikan kita juga.
4. Pelit VS Irit: Jangan bersungut-sungut dulu kalau seandainya kia minta uang ke mama akan ditanya banyak pertanyaan seperti 'uangnya untuk apa' mendesak sekali atau tidak'. Biasanya mama tadak akan memberi kita uang kalau tidak mendesak tapi bukan dikarenakan mama pelit biasanya ada kebutuhan lain yang lebih mendesak yang harus di dahulukan seperti untuk bayar uang kuliah atau untuk biaya hidup sehari-hari, toh itu untuk kebaikan kita juga kok.
5. Pelindung terpercaya: mama terkadang sikapnya suka galak terhadap teman atau pacar baru kita. Biasanya mama bersikap seperti itu karena feeling keibuan yang merasa teman atau pacar baru kita kurang baik untuk kita. Jadi jangan marah dulu sebelum mendengar penjelasannya.

Masih banyak lagi yang diajarkan oleh mama, namun pernahkan kita ucapkan terima kasih atas kasih sayang yang beliau berikan kepada kita, yang sering buat mama sedih karena sikap kita. satu ucapan sederhana seperti "terima kasih mama atas kasih sayang mama" mampu membuat mama menangis terharu.

3 komentar:

  1. Artikelnya mamanya keren..Dah dikasih unjuk kemama'a esther lum??Pasti jd terharu bgt^^
    W aja jadi pengen nangis..hehehehe

    BalasHapus
  2. Seorang mama yang telah menjaga kita selama bertahun-tahun. Mereka mempertaruhkan nyawanya untuk kita.
    Dia sangat menjaga,menyayangi dan mengasihi seorang bayi mungil yang lucu dalam pelukan dan sampai sekarang.
    Setiap malam dia terbangun karena tangisan kita, dan tertawa melihat kita.
    Sungguh besar jasa ibu terhadap kita.

    " Kasih Ibu Kepada Beta,Tak Terhingga Sepanjang masa. Hanya Memberi Tak Harap Kembali, Bagai Sang Surya Menyinari Dunia. "

    Ibu memang malaikat dalam hidup kita,ibu yang selalu melindungi kita. Dia adalah Bidadari yang selalu ada di hidup ini.

    Luph U Mom..

    BalasHapus