Rabu, 12 Mei 2010

Integrasi sensori yang tidak efisien pada anak Autis

Integrasi sensori yang tidak efisien dapat menimbulkan hasil belajar yang tidak efisien. pada dasarnya apabila seorang anak merenggut seeor kucing dan kucing tersebut menjadi marah dan mencakar anak tersebut secara normal si anak tersebut akan belajar dari pengalaman tersebut dan tidak mengulanginya. namun anak dengan ketidakberfungsian integrasi sensori mungkin tidak akan berperilaku seperti itu. Bagaimanapun ia mempunyai kesulitan verbal atau non verbal di lingkungannya. Berdasarkan informasi tersebut dapat disimpulakan bahwa:
  • Anak tidak pernah belajar dan akan mendapat cakaran terus sampai ia melepaskan kucing tersebut atau sebaliknya kucing itu yang belajar menghindar dari anak tersebut. sedangkan anak tersebut kehilangan kesempatan belajar secara positif hubungannya dengan binatang lain.
  • Anak menjadi takut terhadap kucing. mungkin ia tidak memahami penyebab dan pengaruhnya atau mingkin juga ia menjadi bingung dengan apa yang dilihatnya. mungkin juga dalam hatinya mulai menyenangi kucing namun memerlukan usaha yang keras untu membuatnya sadar setelah menerima cakaran kucing tersebut.



Daftar Pustaka: Delphie,Bandi.2009.Pendidikan Anak Autistik.Sleman:ktsp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar