Rabu, 12 Mei 2010

persepsi kognitif

Persepsi kognitif
Teori-teori kognitif berpendapat bahwa masalah-masalah kognitif pada anak dengan sindrom Autistik merupakan masalah utama dan menjadi penyebab terjadinya permasalahan sosial pada diri anak autistik.
a. Fungsi Eksekutif
Para ahli berpendapat bahwa seorang denngan sindrom autisti mempunyai hambatan yang cukkup besar dalam pemecahan masalah, mengambil inisiatif dalam perencanaan, melakukan kontrol terhadap perilaku dan berperilaku tidak pantas yang dapat menghambat dirinya sendiri.
b.Pengkategorian dan Daya ingat
Secara khusus anak dengan sindrom Autistik, mempunyai esulitan dalam membentuk prototype benda atau objek, sehingga dirinya sering bertendensi kearah yang tak memenuhi aturan. Sindrom Autistik berkecenderungan kearah defisit daya ingat untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini dikarenakan adanya ketidakberfungsian dalam amigdala dan hippocampus.
c.Pemahaman sosial
pemahaman sosial anak-anak yang mempunyai sindrom Autistik terhambat karena dalam kehidupan mereka tidak menaruh perhatian sama sekali dengan orang lain disekitar mereka.
d.Teori berpikir
Anak dengan sindrom Autistik selalu berubah dalam mencapai kesuksesan berkaitan dengan tugas-tugas yang berhubungn dengan teori belajar. Kesuksesan mencapai teori belajar bagi anak normal dapat berkembang sejak usia 18 buan. Oleh karena itu sekitar 20% dari kasus-kasus berkaitan dengan penyandang sindrom Autistik disebabkan oleh ketidakmampuan berpikir.



Daftar pustaka: Delphie,Bandi.2009.Pendidikan Anak Autistik.sleman:ktsp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar