Kamis, 13 Mei 2010

Layanan Anak Autistik

Berikut ini merupakan beberapa penelitian dari para ahli terhadap kelainan anak Autistik:
  1. Perilaku anak Autistik yang bersifar destruktif, impulsif, stereotype dan repetitif disebabkan karena adanya ketidakberfungsian integrasi sensoris dalam otak. (Kranowizt,C.S, 2002 dan 1998).
  2. Terapi biologis dengan menggunakan vitamin B6 dalam dosis tinggi yang dikombinasikan dengan magnesium dan dymethilglycerine (DMG) dapat menurunkan gejala perilaku mennyimpang.
  3. Makanan berbahaya bagi anak Autis adalah susu dan roti. yang berupa yogurt, cheese,cream dan makanan lainnya yang berasal dari terigu dan gandum.
  4. play therapy, merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi,berkomunikasi, gerak dan kognisi, imajinasi, kognitif dan integrasi.
  5. Teknik modifikasi behavior dengan prosedur kontrol diri atau pemberian penguatan (reward). penguatan diawali dengan pemberian hadiah berupa makanan kesukaannya, kemudian dapar digantikan dengan penguatan sosial dengan memberinya pujian "anak pintar atau anak yang baik"
  6. Anak Autistik juga hendaknya diajari cara berhemat dengan memecakhan biskuit kesukaannya menjadi beberapa bagian.
  7. pendekatan melalui tahap integratif sensori yang dilakukan dengan modifikasi syaraf neurologis yang tidak berfungsi melalui belajar.



Daftar Pustaka: Delphie,Bandi. 2002.Pendidikan Anak Autistik.sleman:ktsp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar